Sunday, May 23, 2010

Tes Esbach

Merupakan pemeriksaan untuk menilai kadar protein dalam urin (proteinuria). Tes esbach yang disebut juga dengan metode dipstik ini merupakan pemeriksaan kuantitatif dengan nilai 0-4 (+). Pemeriksaan ini sensitif terhadap 60mg/l albumin, tetapi kurang sensitif terhadap protein Bence Jones dan protein lain yang berat molekulnya rendah misal β2-mikroglobulin. Pemeriksaan ini terkenal karena kemudahannya. Sampel urin yang digunakan untuk tes esbach ini adalah dari pengumpulan urin 24 jam yang ditampung.

Jadi untuk mendapatkan sampel urin ini, pasien diharuskan menampung semua urinnya selama 24 jam mulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 pagi pada hari berikutnya. Urin yang keluar pertama kali pada pagi hari tidak ditampung, karena merupakan hasil dari malam harinya. Jadi urin mulai ditampung setelah berkemih pertama kali pada pagi hari sampai pasien berkemih pertama kali pada pagi hari di hari berikutnya. Pengumpulan urin 24 jam ini membuat pasien tidak nyaman dan tidak praktis karena pasien harus membawa kemana-mana tempat untuk menampung urinnya, serta sering kali pasien lupa untuk menampung urinnya ketika sedang berkemih.

Hasil dari tes esbach atau metode dipstik memiliki nilai 0-4 (+):

- Samar ~ 10-30 mg%

- 1+ ~ 30 mg%

- 2+ ~ 100 mg%

- 3+ ~ 500mg%

- 4+ ~ >2000 mg%

Pada tes esbach false positif dapat terjadi bila urin sampel sifatnya terlalu basa atau terlalu encer. Selain itu bila dari hasil pemeriksaan didapati positif samara harus diperiksa dengan asam salisilsulfonat atau dengan tes pendidihan karena mungkin positif palsu yang dihasilkan oleh urin alkali yang berbufer kuat.

4 comments:

  1. Actually, I am kinda having some interests on your blog.. It's easy to read but you still have to improve your writing skill.. haha.. And could you please do me a favor?? could you write sth about the other protein test, Exton test.. very much appreciated...

    ReplyDelete
  2. Hey wither...
    Finally..
    You are the first one that gives comment on my blog. thanks...
    Yeah, your right. My writing skill is really terrible, plus my horrible grammar.
    So, I will appreciate if you spend your busy time for correction every my posting, especially about grammar.

    O yeah, about your favor. I never heard before about exton test. So, I really sorry can not write it for you...

    ReplyDelete
  3. Thanks to KAI, dg tulisan ini saya jadi tahu dan bisa membaca hasil lab urine saya.Tapi saya juga ingin tahu berapa produksi urine yang normal, apa artinya kalau lebih atau kurang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai saudara purnama. Urin normal jumlahnya rata" 1-2 liter sehari, tetapi berbeda beda sesuai dengan jumlah cairan yang dimasukkan / di minum (Evelin C. Pearc, 2006). Apa Artinya jika lebih atau kurang? kembali lagi ke pendapat menurut evelin, kita lihat seberapa banyak dulu air / cairan yang masuk ke dalam tubuh, jika air yang masuk kedalam tubuh banyak tetapi urin yang di keluarkan sedikit, itu harus di periksa terlebih dahulu, pemeriksaan urinaria. seperti itu.

      Delete