Saturday, February 4, 2012

Berjuta Butiran Tepung di Pantai Dodola

Tulisan kali ini untuk menepati janjiku menampilkan keindahan Pulau Dodola yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Pulau Morotai. Seperti yang kita tahu, tahun ini adalah akan diselenggarakan Sail Indonesia Morotai 2012 dan Pulau Dodola adalah primadona utama untuk menarik para wisatawan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Saat ini masih berlangsung tahap pembangunan berbagai fasilitas penunjang di pulau tersebut, seperti resort, taman-taman, dan lain-lain.

Kenapa wisatawan bila berkunjung ke Pulau Morotai wajib menjejakkan kakinya juga di Pulau Dodola?
Sebab Pulau Dodola mempunyai pasir pantai yang sangat lembut, seakan berjuta-juta ton butiran tepung ditumpahkan di pantai itu. Selain itu pantainya juga mempunyai air laut yang sangat biru dan jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Cocok sekali untuk tempat , snorkling dan berjemur, terutama bagi wisatawan mancanegara. Selain itu, sebenarnya Pulau Dodola mempunyai terdiri dari dua pulau, yaitu Dodola Besar dan Dodola kecil. Uniknya untuk mencapai Dodola Kecil dari Dodola Besar dapat dilakukan dengan berjalan kaki bila air laut sedang surut dan itu adalah momon yang sangat mengagumkan. Mengingatkan kita pada peristiwa ketika Nabi Musa a.s membawa bani Israil melewati laut merah yang terbelah dua akibat hentakan tongkatnya.

Tak perlu banyak cerita, biarkan foto sendiri yang bercerita tentang keindahan dari pantai Pulau Dodola. Silahkan...


Untuk mencapai Pulau Dodola hanya melalui moda transportasi laut, bisa menggunakan speedboat, ketingting atau bodi (gambar diatas). Dari pelabuhan Daruba ke Pulau Dodola menempuh waktu kurang dari setengah jam, bahkan bisa lebih cepat lagi bila menggunakan speedboat. Tapi memang harga sewa untuk satu buah moda transportasi itu sedikit mahal, tapi bila banyak orang akan lebih ringan biayanya.


Salah satu fasilitas yang sedang dibangun, jembatan untuk kapal-kapal yang lebih besar agar dapat merapat ke pantai Dodola.


Beberapa bangku taman yang telah dibuat untuk membuat wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dodola nyaman. Selain itu ada pula beberapa resort yang sedang dalam tahap pembangunan.


Ombak yang tenang, pasir pantai yang selembut tepung, angin yang bertiup menyejukkan, membuat teriknya matahari seakan tak mempan membakar keindahan pantai Dodola yang menurutku bisa mengalahkan keindahan pantai-pantai di luar negeri.


Tidak seperti pantai kebanyakan, pantai di Pulau Dodola ini justru dikelilingi oleh pohon cemara. Meski masih ada pohon kelapa yang tumbuh, tapi tidak terlalu banyak.



Ini adalah Dodola kecil. Bisa dilihat ada sebuah jalan yang terbentang menghubungkan Dodola Besar dengan Dodola kecil. Namun jalan ini akan menghilang bila air laut sedang pasang.



Pantai di Dodola Kecil pun sama indahnya dengan di Dodola besar, begitu pun dengan pasir pantai yang juga selembut tepung. Konon, Jenderal Douglas McArthur sewaktu Perang Dunia II, menjadikan Dodola Kecil sebagai tempat peristirahatannya.

Semoga dengan foto-foto yang telah ku posting di blog ini bisa menjadi salah satu pemicu agar banyak orang mau berkunjung ke Pulau Dodola dan merasakan sendiri dengan kaki mereka bagaimana lembutnya pasir pantai dan indahnya panorama yang terhampar di Pulau Dodola.


Adeeuu~

No comments:

Post a Comment